Koi dan Air

Diperbarui: 22 Jan 2019

Komprehensi Kolam Koi

Bagian 1




Ikan koi itu benda padat atau benda cair sebenarnya? Jawaban serta-merta tentu saja benda padat karena bentuknya tetap seperti itu, tidak berubah sesuai ruang yang ditempati. Itu benar sekali, tetapi faktanya 85 % bagian tubuh koi adalah zat air. Dalam konteks pemeliharaan koi, lebih tepat kita anggap sebagai benda cair, dan dengan demikian memelihara koi adalah memelihara air di dalam air.


Karena itulah koi sangat sensitif terhadap segala faktor yang berkenaan dengan air sehingga harus melakukan adaptasi terhadap kondisi air dan perubahannya. Sedikit saja perubahan pada salah satu faktor tersebut, koi harus melakukan penyesuaian diri. Kalau perubahan yang terjadi masih dalam batas toleransi alamiah tentu tidak menjadi masalah. Lain halnya dengan perubahan pada skala yang tidak bisa ditoleransi. Koi bisa sakit atau tewas atau yang paling ringan mengalami stres.


Saya akan segera menyampaikan beberapa faktor penting tentang air yang sangat berpengaruh terhadap koi. Tetapi sebelumnya saya berharap anda untuk santai saja; tidak perlu menganggap hal-hal yang kelihatannya rumit dan sangat teknis itu terlalu kompleks. Yakinlah bahwa semuanya sederhana saja, mudah dipelajari, dan pada prakteknya semua orang bisa memelihara koi.


Diturunkan dari praktek kultur Ciprinid, telah dirumuskan parameter penting yang memengaruhi kehidupan koi, yaitu:

  • oksigen terlarut / dissolved oxygen (DO)

  • nitrogen (amonia, nitrit, dan nitrat)

  • pH

  • alkalinitas

  • salinitas

  • temperatur

  • total padatan terlarut / total dissolved solids (TDS)

Parameter tersebut akan dibahas satu per satu pada bagian-bagian selanjutnya.


Pada perikanan dengan kolam terbuka, tidak banyak yang perlu dilakukan karena semua sudah disedidakan dan diatur oleh alam. Tetapi pada pemeliharaan ikan dalam kolam tertutup (captive aquaculture / recirculating aquatic system), kita harus mengontrol parameter air sekomprehensif dan sedetil mungkin.


Pemelihara koi niscaya memegang teguh credo "memelihara koi adalah memelihara air, dan airlah yang memelihara koi."


~semoga koi-koi kita berbahagia~